BAB IV
PENUTUP
            Setelah penulis memberikan asuhan kebidanan pada kehamilan letak sungsang di Puskesmas Pucng Sewu Surabaya. Maka penulis dapat mengambil suatu kesimpulan serta saran dan semoga dapat diambil manfaatnya.
4.1. Kesimpulan
4.1.1.      Pengkajian
Merupakan langkah awal dalam melaksanakan asuhan kebidanan pada ibu bersalin untuk mengenali masalah dan keluhan sehingga keluhan klien dapat teratasi sesuai dengan objektif.
4.1.2.      Interpretasi Data
Setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah menginterprestasikan data dari data subjektif dan data objektif.
4.1.3.      Diagnosa potensial
Permasalahan yang muncul yang sudah diidentifikasi. Langkah ini membutuhkan antisipasi bila memungkinkan dilakukan pencegahan.
4.1.4.      Identifikasi kebutuhan segera
Dari data yang terkumpul dapat menunjukkan satu situasi yang memerlukan tindakan segera sementara yang lain harus menunggu intervenís dan konsultasi atau kolaborasi dengan dokter.
4.1.5.      Perencanaan / intervensi
Merumuskan rencana asuhan sesuai dengan hasil pembahasan rencana asuhan bersama klien kemudian membuat kesepakatan bersama sebelum melaksanakan
4.1.6.      Pelaksanaan
Merupakan realisasi dari perencanaan tindakan yang diberikan sesuai dengan hasil diagnosa dan masalah yang muncul secara efektif dan efisien



4.1.7.      Evaluasi
Secara umum masalah dapat teratasi dan tidak terdapat masalah yang sangat serius, hanya saja masih memerlukan pengawasan dan perhatian khusus.

4.2. Saran
Sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam bidang kebidanan, penulisan ingin menyampaikan beberapa sasaran sebagai berikut :
4.2.1.      Klien
Diharapkan melakukan kontrol ke bidan apabila sewaktu-waktu ada keluhan
4.2.2.      Petugas (Bidan)
Memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan wewenang, dapat bekerjasama dengan klien dan dapat mengakui sedalam-dalamnya tentang masalah yang dialami untuk dapat memberikan asuhan kebidanan secara optimal.
4.2.3.      Institusi Pendidikan
Hendaknya dapat memberikan bimbingan kepada mahasiswa praktek baik dari segi teori atau ketrampilan secara maksimal agar mahasiswa dapat dengan mudah dan mandiri memberikan pelayanan dengan baik dan benar sesuai dengan protab  yang ada.
4.2.4.      Klinik
Menetapkan dan mempertahankan protab yang sudah ada dan menerapkan managemen kebidanan dalam pelayanan kahamilan.


DAFTAR PUSTAKA


Mochtar Rustam. Sinopsis Obstetri. Jakarta : EGC, 1998

Prawirohardjo, Sarwono. Ilmu Kebidanan. Jakarta : YBPSP, 2002

FK UNPAD. Obstetri Patologi. Bandung : Elstar Offset. 1981

Manuaba, IBG. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana. Jakarta : EGC. 1998


Saiffudin, Abdul Bani dkk. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBSP. 2002

0 komentar:

Posting Komentar