BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya, serta analisis data maka kesimpulan data dari penelitian saya yang berjudul Peranan Arsip dalam Peningkatan Pelayanan Prima di Kantor Arsip Daerah Kota Medan.
  1. Bahwa Peranan Arsip dalam Peningkatan Pelayanan Prima di Kantor Arsip Kota Medan merupakan sebuah kegiatan yang secara sadar dan terencana dilakukan oleh sebuah organisasi/instansi guna meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan secara khusus dalam menjalankan pekerjaan yang sekarang maupun kemudian hari, dengan jalan mengembangkan dirinya melalui kebiasaan berpikir dan bertindak, keterampilan pengetahuan yang tepat untuk melaksanakan pekerjaannya.
  2. Adapun hasil penelitian yang telah di dapat bahwa pengaruh yang positif dan signifikan antara Peranan Arsip dan Pelayanan Prima di Kantor Arsip Kota Medan, dimana hasil r hitung 0,975>0,288.
  3. Manfaat dari Peranan Arsip adalah meningkatnya keahlian kerja dan mengurangi timbulnya kecelakaan dalam bekerja, kerusakan dan peningkatan pemeliharaan terhadap alat-alat kerja.
  4. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan diklat meliputi : Peserta, pelatih, fasilitas pengembangan dan kurikulum serta dana pengembangan.


B.     Saran

      Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran-saran berdasarkan apa yang telah penulis ketahui terhadap Peranan Arsip dalam Peningkatan Pelayanan Prima di Kantor Arsip Kota Medan adalah:
  1. Bahwa dengan  adanya program Diklat tersebut hendaknya dapat menjadi salah satu cara agar pelaksanaan pekerjaan dapat lebih efektif dan efisien sehingga segala tujuan instansi dapat tercapai sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya.
  2. Program diklat akan membentuk pegawai berkualitas dalam bekerja dan melayani masyarakat.
  3. Berdasarkan  pengamatan yang dilakukan dari hasil penelitian di lapangan, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai adalah pegawai dapat melaksanakan segala pekerjaan dengan tepat waktu, memiliki loyalitas yang tinggi dalam bekerja serta mempunyai kualitas dan kuantitas yang baik, sehingga hasil kerja dapat dicapai dengan maksimal dan sebaik-baiknya.
  4. Diharapkan program  Diklat dapat ditindaklanjutin secara terus menerus sehingga dikemudian hari kinerja pegawai akan tetap berkualitas dalam melayani masyarakat tentang ketengakerjaan.
  5. Kiranya pegawai yang telah mengikuti diklat dapat lebih meningkatkan kualita pelayanan kerja sehingga masyarakat yang merasa dilayani akan lebih senang.

2 komentar: