BAB 3
METODE PENELITIAN
3.1.   Kerangaka Konsep
          Kerangka Konsep adalah kerangka hubungan antara konsep-konsep yang ingin di amati atau diukur melalui penelitian-penelitian yang akan dilakukan. (Notoadmojo, 2010)

                    Variabel Independen                                                    Variabel   Dependen    



3.2.   Variabel Penelitian
1.        Variabel Independen
Variabel independen ini merupakan yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat) variabel ini juga dikenal dengan nama variabel bebas artinya bebas dalam mempengaruhi varibel lain.
2. Variabel Dependen
Variabel dependen ini merupakan variabel yang dipengaruh atau menjadi akibat karena variabel bebas terhadap perubahan. Variabel ini tergantung dari variabel bebas. (A.Aziz Alimul Hidayat)
3.3.   Definisi Operasional
No
Variabel
Definisi
Operasional
Alat Ukur
Hasil Ukur
Skala

Independen

1.
Umur
Lamanya hidup responden dalam hitungan waktu
Kuesioner
-<  20 tahun
- 20-35 tahun
->  35 tahun
Ordinal
2.
Pendidikan
Proses belajar formal menurut system pendidikan nasional yang terakhir di tempuh responden
Kuesioner
- Tidak sekolah
- SD
- SMP
-  SMA
- Perguruan tinggi
Ordinal  
3.
Paritas
Keadaan responden yang berkaitan dengan jumlah anak yang dilahirkan
kuesioner
1anak
(primipara)
- 2 anak
(secundipara)
- 3 anak
(multipara)
- > 4 anak
(grandemultipara)

Ordinal







Dependen

4.
Pengetahuan
Pemahaman responden tentang peyebab seksio sesarea
Kuesioner
-     Baik
-     Cukup
-     Kurang
Ordinal
Tabel 3.3 definisi operasional Tingkat pengetahuan ibu tentang peyebab seksio sesarea pada ibu bersalin  di Rumah Sakit Umum Daerah Pirngadi Kota Medan Tahun 2014.

3.4.  Desain Penelitian
               Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tujuan untuk tingkat pengetahuan ibu tentang peyebab seksio sesarea pada ibu bersalin di RSUD Dr. Pirngadi Medan Tahun 2014.
3.5.    Lokasi  Dan Waktu Penelitian
 Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Mei - Juni di Ruangan bersalin RSUD. Dr. PIrngadi Kota Medan Tahun 2014
3.5.1.   Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr. Pirngadi Medan Medan pada tahun 2014. Adapun alasan pemilihan lokasi adalah karena masih ada ditemukan RSUD Dr. Pirngadi Kota Medan Tahun 2014.
3.5.2.     Waktu Penelitian
          Penelitian  dilaksanakan dari penelusuran pustaka, melalui survei awal, konsutasi dengan dosen pembimbing, pengajuan proposal, pengelolahan data, sidang terakhir sudah direncanakan selama 2 bulan, yaitu sejak Mei – Juni  2014.
3.6.     Populasi dan Sampel
3.6.1.    Populasi
  Populasi adalah keseluruhan objektif penelitian (Arikunto, 2006) sedangkan populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang akan diteliti (Notoatmodjo, 2005). Populasi peneletian adalah semua data ibu bersalin dengan seksio sesarea di RSUD Dr.Pirngadi Medan yaitu sebayak 434 orang. Pada tahun 2013-2014.
3.6.2.    Sampel
 Menurut (Arikunto, 2006) sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Sedangkan menurut (Notoatmodjo, 2005) sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan objek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Sampel merupakan bagian dari populasi yang akan diteliti atau sebagain jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi (Aziz Alimul, 2010)
Untuk pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling yaitu pengambilan   sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam anggota populasi (Aziz Alimul, 2008). Dalam hal ini pengambilan sampel yang dimaksut adalah pasien yang melalukan tindakan seksio sesarea.
Menurut Arikunto (2010), bila total populasi lebih dari 100 maka pengambilan sampel sekitar 10-15% dan 20-25% dari total populasi, dimana total populasi berjumlah 434 orang dan dalam hal ini penelitian mengambil  10% dari total populasi. Maka jumlah 43 orang.
3.7.       Jenis dan Cara Pengumpulan data
1.7.1.   Jenis Pengumpulan Data
Jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini yaitu data yang langsung diperoleh dengan  menggunakan wawancara langsung dan tatap muka dengan meembagikan kuesioner kepada responden oleh peneliti terhadap sasaran, sedangkan data sekunder (data yang diterim oleh peneliti dari laporan akhir) untuk mengetahui pasien yang mellakukan tindakan seksio sesarea di RSUD Dr. Pirngadi Medan
1.7.2.   Cara Pengumpulan Data
Cara pengumpulan data dilakukan dengan peyebaran kuesioner yaitu terlebih dahulu memperkenalkan diri, menjelaskan tujuan penelitian, memberikan surat persetujuan menjadi responden, dan memberikan kuesioner untuk diisi secara tertutup serta akan dikumpul kembali peneliti untuk diperiksa kelengkapannya.
1.8         Pengolahan dan Analisa Data
  Teknik pengumpulan data dilakukan setelah penelitian mendapat izin dari institusi pendidikan YRSU. Dr. Rusdi  Medan, kemudian mengajukan permohonan izin kepada kepala bidang penelitian RSUD Dr. Pirngadi Medan. Setelah dapat izin dari Rekan Medik, penelitian memberikan penyebaran kuesioner. Setelah risponden setuju, maka penelitian memberikan surat persetujuan secara lisan. Kemudian menjelaskan kepada responden cara pengisian kuesioner dan waktu yang diberikan kepada responden untuk menjawab kuesioner, setelah selesai kemudian kuesioner dikumpulkan dan dilakukan analisa data. Data  yang telah dikumpulkan kemudian diolah secara deskriptif langka-langkah pengolahan data adalah sebagai berikut:
1)  Editing 
Dilakukan pengecetan  data yang telah terkumpul, bila terdapat kesalahan dan kekurangan dalam pengumpulan data maka akan diperbaiki dengan pendataan ulang terhadap responden.
2)  Coding
Pemberian kode pada setiap dta yang telah dikumpul untuk mempermudah masukan data ke dalam table.
3)  Tabulating
 Mengolah dat dalam bentuk table distribusi frekuensi untuk mempermudah analisa data pengolahan data serta pengambilan  kesimpulan.
4)      Analisa Data
Data  yang terkumpul dan analisa secara deskriptif dengan melihat persentase data yang terkumpul, dan ditulis dalam table – table distrubusi frekuensi, kemudian dibuat suatu kesimpulan dengan menggunakan rumus presentase. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang telah dipersiapkan oleh peneliti, kemudian kuesioner dikumpulkan oleh peneliti setelah selesai di isi responden.
Pengukuran tingkat pengetahuan dikategorikan:
  • Baik jika responden menjawap dengan benar 76 – 100% dari keseluruhan pertayaan.
  • Cukup jika responden dapat menjawab dengan benar 56 – 75% dari keseluruhan pertayaan.
  • Kurang baik jika responden dapat menjawap dengan benar 40 – 55% dari keseluruhan pertayaan (Arikunto, 2010).

0 komentar:

Posting Komentar