BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Sejak ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876 dan ditemukannya komunikasi tanpa kabel (wireless) oleh Nikolai Tesla pada tahun 1880 yang kemudian diperkenalkan oleh Guglielmo Marconi, sejak saat itu perkembangan dunia teknologi komunikasi semakin berkembang pesat hingga mencakup seluruh belahan dunia ini.Komunikasi merupakan sesuatu yang sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Tidak dapat kita pungkiri lagi bahwa komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini, yang dapat kita lihat dengan banyaknya telepon seluler dengan berbagai merek telah diluncurkan ke pasaran. Dalam hal ini komunikasi memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi telepon seluler saat ini.

Di Indonesia, perkembangan teknologi komunikasi sudah sangat menjamur. Banyak operator-operator telepon seluler memberikan promosi komunikasi yang sangat murah untuk para pelanggannya dan promosi-promosi lain yang diberikan oleh para pemilik operator-operator telepon seluler ini, sehingga menarik minat seseorang untuk dapat  menggunakan jasa operator tersebut. Tapi bagaimanapun juga, kita tidak akan merasa puas dengan promosi-promosi yang diberikan oleh para penyedia layanan komunikasi tersebut. Solusi terbaik adalah dengan memberikan komunikasi yang seluas-luasnya, tanpa dibatasi oleh biaya yang harus dibayar dan tanpa dibatasi oleh waktu.
Dengan hadirnya komunikasi gratis ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terhadap permasalahan komunikasi saat ini, yang dirasakan penulis sudah sangat membingungkan dalam memilih mana operator yang paling murah untuk melakukan komunikasi diantara banyaknya operator-operator yang lainnya.
Untuk itu, dalam skripsi yang berjudul “Solusi Komunikasi Gratis Berbasis Teknologi CDMA”, penulis mencoba untuk memberikan solusi komunikasi gratis (tanpa harus membayar biaya pemakaian) dan tidak dibatasi oleh waktu. Dan diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan sedikit perubahan dalam dunia komunikasi,  khususnya di Indonesia.

1.2    Tujuan Penelitian
1.2.1  Tujuan Umum
Untuk memberikan solusi komunikasi gratis (tanpa dipungut biaya), kepada masyarakat luas, khusunya di Indonesia, yang berbasiskan pada teknologi CDMA.
1.2.2  Tujuan Khusus
1. Membangun komunikasi yang seluas-luasnya, tanpa harus dikenakan biaya dan tanpa dibatasi oleh waktu pemakaian.
2.  Memanfaatkan penggunaan teknologi CDMA seluas-luasnya.
3. Memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa komunikasi dapat dilakukan tanpa harus membayar biaya pemakaian.

1.3  Batasan Masalah
Agar pembahasan ini tidak terlalu luas, namun dapat mencapai hasil yang optimal, maka penulis akan membatasi ruang lingkup pembahasan sebagai berikut :
1.        Memberikan solusi komunikasi gratis kepada masyarakat luas, khususnya di Indonesia, yang berbasis pada teknologi CDMA.



1.4 Manfaat Penelitian
Berdasarkan tujuan penelitian tersebut diharapkan dengan penelitian ini dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :
1.4.1                    Bagi Penulis
  1. Untuk    memenuhi     salah    satu      syarat    dalam      memperoleh gelar strata satu   Fakultas  Sains  &  Teknologi    Jurusan  Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  2. Dapat menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh selama kuliah seperti komunikasi data, OOP, Jaringan tanpa kabel, dan ilmu-ilmu jaringan lainnya.

1.4.2    Bagi Akademik
  1. Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi teori yang telah diperoleh selama kuliah.
  2. Mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmunya dan sebagai bahan evaluasi

1.4.3    Bagi Masyarakat
  1. Mengetahui seberapa besarnya respone masyarakat terhadap komunikasi gratis yang berbasis pada teknologi CDMA.
  2. Mengetahui apa sajakah efek-efek negatif yang dapat mempengaruhi komunikasi gratis yang berbasis pada teknologi CDMA.
  3. Memperoleh pengetahuan yang mendalam tentang teknologi CDMA yang berpengaruh terhadap komunikasi yang bersifat gratis.
  4. Membantu meringankan beban masyarakat terhadap permasalahan komunikasi yang dihadapi sekarang ini. 


>>>>>>>>>>selanjutnya klik di bawah<<<<<<<<<


1 komentar: