Tabel 4.9
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
FORUM DISKUSI
DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH
MENJADI BAGIAN
BAGIAN DARI METODE BELAJAR
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
17
15
0
|
53.16
46.84
00.00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 5
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan termotivasi kerja dari dalam
diri yang disertai tanggung jawab, sesuai dengan jawaban sebanyak 17 orang
kinerja pegawai (53.16%), kemudian sebanyak 15 orang kinreja Pegawai (46.84%)
menjawab cukup disertai. Artinya, dalam pelaksanaan tugas-tugas pegawai di
Kantor Arsip Daerah Kota Medan tetap mengedepankan tujuan utama yang hendak
dicapai dalam rangka memberikan rasa puas, baik dalam segi waktu, keterbukaan
informasi dan hal lain yang menjadi hak penumpang sebagai pengguna jasa
pelayanan publik.
Tabel
4.10
DISTRIBUSI
JAWABAN RESPONDEN BAHWA METODE BELAJAR DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH SESUAI
DENGAN KETENTUAN YANG BERLAKU
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
17
15
0
|
53.16
46.84
00.00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 6
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan yang termotivasi kerja dari
dalam diri karena dorongan untuk berprestasi, sebagai sebuah keadaan kerja yang
menunjukkan peningkatan capaian pelaksanaan tugas berdasarkan rencana kerja
yang ada, kenyataan ini ditunjukkan dengan jawaban responden, yakni sebanyak 17
orang kinerja pegawai (53,16%) menjawab terdorong, kemudian 15 orang kinera
pegawai (46,84%) menjawab cukup terdorong. Kenyataan ini menunjukkan kepada
kita bahwa sebenarnya dalam pelaksanaan tugas pelayanan, pegawai berkeinginan
memberikan yang terbaik melalui standar kerja yang ada, volumenya pada masa
yang akan datang akan terus diminimalisir sampai pada tingkat yang paling
rendah.
Tabel 4.11
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
TENAGA PENGAJAR
DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH
MEMENUHI KUALIFIKASI
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
13
12
7
|
40,63
37,57
21,80
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 7
Mayoritas
kinerja pegawai di Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjung Balai termotivasi kerja
berdasarkan kepentingan kantor,
yang menjawab berdasarkan sebanyak 13 orang pegawai (40,63%), kemudian sebanyak 12 orang pegawai (37,57%)
menjawab cukup berdasarkan, dan 7 orang pegawai (21.80%) menjawab kurang
berdasarkan. Kepentingan pelayanan yang dimaksud adalah tujuan kerja yang sudah
ditetapkan sesuai dengan standar kerja dan tujuan lain dalam satu waktu masa
kerja. Diharapkan dapat memberikan citra positif bagi pelayanan secara khusus
dan kepada pemerintah sebagai pelayanan kepentingan publik ini, melalui
pelaksanaan tugas dan wewenang.
Tabel 4.12
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
TENAGA PENGAJAR DI DALAM PROGRAM DIKLAT SUDAH SESUAI DENGAN KETENTUAN YANG
BERLAKU
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
12
12
8
|
47,67
47,67
04,66
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 8
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan, terhadap motivasi kerja yang
ditujukan untuk mencapai kepentingan operasional kepegawaian sebanyak 12 orang
pegawai (47,67%) menjawab ditujukan, kemudian sebanyak 12 orang pegawai
(446,67%) menjawab cukup ditujukan dan 8 orang pegawai (04,66%) menjawab kurang
ditujukan. Jawaban kurang ditujukan, menurut pegawai yang menjadi responden,
sesuai dengan kenyataan yang ada, bahwa operasional kerja pelayanan sudah
menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi dalam jangka waktu yang akan
datang hal tersebut perlu disikapi sebagai tanggungjawab yang dapat
menguntungkan dalam pelaksanaan pelayanan publik dan kartu tanda penduduk.
Tabel 4.13
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
MATERI PELAJARANDI DALAM PROGRAM DIKLAT
SESUAI DENGAN TANG DI TETAPKAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
17
15
0
|
53.16
46.84
00.00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 9
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan sebanyak 17 orang pegawai
(53,16%) menjwab mematuhi setiap tertib yang ada di dalam pelayanan, kemudian
sebanyak 15 (46,84%) orang pegawai menjawab cukup mematuhi. Kepatuhan kerja
yang ditunjukkan pegawai sebagai kemauan dalam melaksanakan tata tertib dan
aturan kerja yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan.Sikap yang ada dalam
penelitian ini menunjukkan sebagai respon positif dalam mencapai tujuan kerja
selama ini.
Tabel 4.14
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
SARANA DAN FASILITAS DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH TERSEDIA
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
20
12
0
|
06,25
03,75
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 10
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan mematuhi tata tertib karena
kesadaran pribadi akan pentingnya hal tersebut, sebanyak 20 (06,25%) orang
pegawai menjawab karena kesadaran, kemudian 12 orang pegawai (0375%) menjawab
cukup karena kesadaran. Kesadaran diri dalam pelaksanaan tata tertib
pemerintahan, mengingat semakin kompleksnya tuntutan kerja mereka, yang secara
langsung akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap
pelayanan publik secara umum. Dengan demikian, sikap ini juga merupakan salah
satu bentuk tanggungjawab publik yang terjaga dalam pelaksanaan kerja di dalam
pemerintahan.
Tabel
4.15
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
PERANGKAT KOMPUTER DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH TERSEDIA
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
18
14
0
|
56,25
43,75
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 11
Pembagian kerja
yang ditunjukkan di dalam struktur kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota
Medanmenunjukkan tentang, tugas, fungsi dan wewenang masing-masing kinerja
pegawai dalam unit kerja mereka. Mayoritas kinerja pegawai pada Kantor Arsip
Daerah Kota Medan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sudah dibebankan,
sebanyak 18 orang pegawai (56,25%) menjawab bertanggung jawab dan 14 orang
pegwai (43,75%) menjawab cukup bertanggungjawab. Tanggung jawab yang mereka
emban, menurut beberapa orang responden yang berhasil dimintai tanggapannya,
berdasarkan konsekensi dari keadaan tersebut, ada sanksi yang berlaku bagi
pegawai ketika mereka lalai dalam pekerjaan.
Tabel
4.16
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
SARANA DAN FASILITAS DI DALAM PROGRAM DIKLAT DAPAT MENGHASILKAN PEKERJAAN YANG
LEBIH EFEKTIF
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
19
9
4
|
69,38
28,26
02,36
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 12
Mayoritas
kinerja Pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan menjawab untuk tanggung jawab
kerja yang dibebankan kepada mereka disertai dengan sanksi, baik secara
administratif atau hal lain sesuai dengan tingkatan kelalaian tugas, jawaban
responden memperkuat kenyataan tersebut, yakni dengan jawaban sebanyak 19 orang
pegawai (69,38%), kemudian 9 orang pegawai (28,26%) menjawab cukup disertai,
dan sebanyak 4 orang pegawai (02,36%) menjawab kurang disertai.
1. Variabel terikat
(Y) Peningkatan
Pelayanan Prima
Semangat
Kerja,
sebagai kinerja yang mampu dicapai, yakni pelaksanaan tugas, fungsi dalam
wewenang kerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan, sebagai berikut :
Tabel 4.17
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
SELALU BERUSAHA DI DALAM PROGRAM DIKLAT TERHADAP KUALITS PEKERAJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
17
15
0
|
53.16
46.84
00.00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 13
Koordinasi kerja
sebagai upaya dalam menyatukan (mengintegrasikan) berbagai tujuan kerja di
dalam Pemerintahan, hingga tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan
tugas-tugas tersebut, pelaksanaan koordinasi kerja meliputi upaya menyediakan
informasi yang memadai bagi kinerja pegawai. Mayoritas kinerja pegawai di
Kantor Arsip Daerah Kota Medandalam melaksanakan kerja dibutuhkan menilai bahwa
mereka membutuhkan koordinasi kerja, sesuai jawaban 17 orang pegawai (53,16%)
menjawab dibutuhkan, kemudian sebanyak 15 orang pegawai (46,84%) menjawab cukup dibutuhkan.
Tabel 4.18
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
PIMPINAN MEMERIKSA DI DALAM PROGRAM DIKLAT HASIL PEKERJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
22
10
0
|
68,75
31,25
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 14
Mayoritas
kinerja Pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan mampu berkoordinasi dalam
pencapaian tugas kerja sesuai dengan program pelayanan, penilaian ini sesuai
dengan jawaban responden, yakni sebanyak 22 orang pegawai (68,75%) dan jawaban
responden sebanyak 10 orang (31,25%) menjawab kadang-kadang.Artinya,
ketersediaan informasi kerja yang memadai di dalam pelayanan, cukup efektif
dalam mengurangi ketidak pahaman pegawai terhadap berbagai keadaan kerja yang
semakin kompleks sesuai dengan kebutuhan pelayanan masyarakat saat ini.Hingga
mempermudah mereka dalam memberikan pelayanan maksimal, sesuai dengan standar
pelayanan yang sudah menjadi tujuan bersama.
Tabel 4.19
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
MENDAPAT SANKSI/TEGURAN DI DALAM PROGRAM APABILA PEKERJAAN TIDAK SESUAI DENGAN
TUJUAN DAN SASARAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
17
15
0
|
53.16
46.84
00.00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 15
Mayoritas
kinerja Pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan dengan adanya pembagian kerja
mampu mencapai program kerja, sebanyak 17 orang pegawai (53.16%) menjawab
mampu, dan 15 orang pegawai (46.84%) menjawab cukup mampu,. Karena dengan
adanya pembagian kerja dapat mempermudah pencapaian tugas kerja dan mampu
mencapai program kerja yang telah direncanakan. Dengan standard an klasifikasi
pekerjaan yang jelas, hingga mampu menyusun pegawai sesuai pekerjaan tersebut.
Tabel 4.20
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
SISTEM KERJA DI DALAM PROGRAM DIKLAT SESUAI YANG TELAH DITERAPKAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
14
11
7
|
43,75
34,38
21,87
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 16
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan dalam pembagian kerja
membentuk rentang birokrasi tugas, sebanyak 14 orang pegawai(43,75%) menjawab
ya, karena sebagai pelayanan sektor publilk rentang birokrasi menjadi salah
satu ciri yang ada, kemudian 11 orang responden (34,38%) menjawab kadang-kadang
dan 7 orang pegawai (21,87%) menjawab tidak, keadaan ini menurut responden,
sebagai keinginan yang kuat dari Kantor Arsip Daerah Kota Medan dalam
menciptakan suasana kerja yang tidak terlalu kaku dalam jenjang tugas, akan
tetapi tetap sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenang yang sudah diatur selama
pelaksanaan kerja.
Tabel 4.21
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
HASIL PEKERJAAN DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH MEMENUHI STANDAR
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
18
14
0
|
56,25
43,75
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 17
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan, menjawab pelaksanaan program
yang mereka jalankan selama ini tepat guna, yakni program kerja yang akan
memberikan manfaat secara maksimal dalam pelayanan kepada masyarakat sesuai
dengan jawaban 18 orang pegawai (56.25%) menjawab tepat guna, kemudian 14 orang
pegawai (43.75%) menjawab cukup tepat guna. Akan tetapi dalam pelaksanaan
kedepan tetap sesuai dengan hasil evaluasi kerja, untuk pebaik program kerja
tersebut
Tabel 4.22
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
JUMLAH PEKERJAAN DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH MEMENUHI TERHADAP HASIL
PEKERJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
19
13
0
|
59,38
40,62
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 18
KinerjaPegawai
sebagai sarana dan fasilitas, menjadi modal utama guna mencapai tujuan kerja. Hal ini disadari dengan baik oleh
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan, dibuktikan dengan jawaban
mayoritas kinerja pegawai yang menjadi responden dalam penelitian, bahwa secara
aktif dilibatkan dalam pencapaian kerja pemerintahan, sebanyak 19 orang pegawai
(59,38%) menjawab dilibatkan, dan 13 orang pegawai (40,62%) menjawab cukup
dilibatkan.
Tabel 4.23
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
SARANA DAN FASILITAS YANG MEMADAI DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH MEMADAI DALAM
MELAKSANAKAN PEKERJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
20
10
2
|
66,26
31,16
02,58
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 19
Mayoritas
kinerja Pegawai di Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjung Balai dalam pencapaian
target kerja, sebanyak 20 orang pegawai (66,26%) menjawab bahwa ya , kemudian
10 orang pegawai (31,16%) menjawab Kadang-kadang dan 2 orang pegawai (02,58%)
menjawab Tidak, hal ini dikarenakan semakin kompeksnya permasalahan kerja yang
ada dan semakin kritisnya masyarakat terhadap berbagai hal yang memang menjadi
hak mereka dalam pelayanan publik.
Tabel 4.24
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
FASILITAS YANG MEMADAI DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH MENDUKUNG HASIL PEKERJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
18
14
0
|
56,25
43,75
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 20
Mayoritas
kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan, menjawab ya pada pencapaian
target kerja menunjukkan peningkatan pada setiap tahunnya, sebanyak 18 orang
pegawai (56,25%), kemudian 14 orang pegawai (43,75%) menjawab kadang-kadang.
Jawaban ini, menurut responden, sesuai dengan data terakhir capaian tugas yang
mereka laksanakan.Walaupun dalam evaluasi kerja masih ada berbagai keadaan yang
menunjukkan dibutuhkannya peningkatan pelayanan.
Tabel
4.25
DISTRIBUSI
JAWABAN RESPONDEN BAHWA FASILITAS YANG TERSEDIA DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH
MENDUKUNG PELAKSANAAN PEKERJAAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
18
14
0
|
56,25
43,75
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 21
Kualitas
kerja sebagai kemampuan kerja dalam pelaksanaan pelayanan sesuai dengan standar
pelayanan umum yang telah ditetapkan oleh pemerintah, termasuk dalam bidang
pelayanan publik dalam pembuatan KTP dari jawaban mayoritas responden
menunjukkan kepada kita bahwa capaian kerja pegawai sudah sesuai dengan
kualitas kerja yang diharapkan, berdasarkan jawaban 18 orang responden
(56.255%), sementara itu sebanyak 14 orang responden lainnya (43.75%) menjawab
cukup sesuai. Menurut penilaian mereka, capaian target kerja tidak sesuai
dengan semangat kerja
yang diharapkan, hal ini dikarenakan adanya masalah pribadi yang dialami
pegawai yang bersangkutan sehingga berdampak pada tidak konsentrasinya pegawai
tersebut menyelesaikan pekerjaannya secara maksimal.
Tabel 4.26
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
TUGAS DI DALAM PROGRAM DIKLAT DAPAT SELESAI DENGAN TEPAT WAKTU
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
19
13
0
|
59,38
40,62
00,00
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 22
Untuk
itu sesuai dengan jabawan mayoritas responden, yakni kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medanmenyatakan
mereka berusaha untuk meningkatkan kemampuan kerja dengan salah satunya
mengikuti berbagai keterampilan kerja yang mendukung hal tersebut, sesuai
dengan jawaban 19 orang responden (59,38%), sedangkan 13 orang responden
lainnya (40,62%), menjawab bahwa mereka kurang berusaha untuk meningkatkan
keterampilan kerja, dengan pertimbangan tetap menunggu arah kebijakan pelatihan
kerja sesuai dengan kebutuhan kerja saat ini.
Tabel 4.27
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
PEKERJAANDI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH MENGGUNAKAN WAKTU YANG SEBAIK MUNGKIN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
18
14
0
|
56,25
43,75
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 23
Berdasarkan
tabel di atas terlihat bahwasannya 18 orang responden (56,25%) menyatakan taat
dan 14 orang responden (43.75%) menyatakan cukup taat. Sedangkan responden yang
menyatakan tidak taat, tidak ada sama sekali.Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa kinerja pegawai di Kantor Arsip Daerah Kota Medan i selalu taat pada
tugas yang telah diberikan kepadanya.
Tabel 4.28
DISTRIBUSI JAWABAN RESPONDEN BAHWA
BEBAN PEKERJAAN DI DALAM PROGRAM DIKLAT TELAH SEBANDING DENGAN MASA WAKTU KERJA
YANG TELAH DITETAPKAN
No
|
Uraian
|
Frekuensi
|
Persentase
|
1
2
3
|
Ya
Kadang-kadang
Tidak
|
16
15
1
|
50,00
46,84
03,16
|
Jumlah
|
32
|
100.00
|
Sumber
: Angket Responden dari Pertanyaan No. 24
Mutasi kinerja
pegawai menjadi salah satu kebijakan dalam pembagian tugas kerja sesuai dengan
ketentuan yang ada selama ini di dalam perusahaan.Salah satu syarat pelaksanaan
mutasi, yakni pemindahan pegawai dari satu posisi kerja ke posisi lainnya,
adalah masalah disiplin kinerja pegawai. Mayoritas kinerja pegawai di Kantor
Arsip Daerah Kota Medan mendapat penilaian dari pimpinan terhadap tugas yang
diberikan, sebanyak 16 orang pegawai (50.00%) menjawab dinilai, kemudian 15
orang pegawai (46,84%) menjawab cukup di nilai dan 1 orang pegawai (03,16%)
menjawab kurang dinilai, karena menurutnya masih ada penilaian yang harus
ditingkatkan dari penekanan pada disiplin kerja yang tidak melihat kepentingan
politis.
0 komentar:
Posting Komentar