ABSTRAK

AYUNINGTYAS.  NPM. 1005160300. Pengaruh Return On Asset (ROA) Dan Return On Equity (ROE) Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Otomotif  Yang  Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi. 2014.

            Struktur modal merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan, karena bagus atau tidaknya struktur modal suatu perusahaan akan mempunyai dampak bagi posisi keuangan perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajer harus dapat menilai struktur modal perusahaan dan memahami hubungan dengan resiko dan pembagian hasil. Struktur modal (Debt to Equity Ratio / DER) merupakan rasio yang menggambarkan perbandingan utang dan ekuitas dalam pendanaan perusahaan dan menunjukan kemampuan modal sendiri perusahaan tersebut untuk memenuhi seluruh kewajibannya.
            Tujuan penelitian ini dibuat adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) baik secara parsial maupun secara simultan terhadap Debt to Equity Ratio (DER) pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh Perusahaan Otomotif yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 12 Perusahaan Otomotif, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam sampel untuk penelitian ini adalah berjumlah 8 Perusahaan Otomotif dan pengamatan dilakukan selama 4 tahun, yaitu 2008-2011.
            Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE), sedangkan variabel dependen adalah Debt to Equity Ratio (DER). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan regresi berganda, uji-t dan uji-f. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) 16.00 for windows.
            Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Return On Asset (ROA) secara parsial berpengaruh terhadap Debt to Equity Ratio (DER) yaitu -4.508 < -2.045 dan Return On Equity (ROE) secara parsial juga berpengaruh terhadap Debt to Equity Ratio (DER) yaitu 2.833 > 2.042. Dan secara simultan menyatakan bahwa Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) berpengaruh terhadap Debt to Equity Ratio (DER) yaitu -3.328 < 10.896 > 3.328 pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011.

Kata Kunci : Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER)

Kata Pengantar


Assalamualaikum Wr. Wb.
            Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Judul dari skripsi ini adalah : “PENGARUH RETURN ON ASSETS  (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA”.
            Di dalam penulisan skripsi ini penulis telah berusaha dengan segala kemampuan yang ada, namun penulis menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan didalamnya, untuk itu penulis dengan rendah hati bersedia menerima saran dan kritik yang sifatnya membangun dan menambah pengetahuan penulis dimasa yang akan datang. Skripsi ini tidak akan selesai dengan baik tanpa adanya   bantuan  yang berupa bimbingan dan petunjuk dari berbagai pihak.
            Akhirnya penulis mengharapkan skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan taufik dan hidayah-Nya pada kita semua serta memberikan keselamatan dunia dan akhirat.
            Pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang tidak terhingga kepada :
  1. Teristimewa Ayahanda Abrin Suterisno, S.E dan Ibunda Kasiaty tercinta yang telah mengasuh dan membesarkan penulis dengan kasih sayang yang tidak berbatas sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.
  2. Bapak Dr. Agussani, MA.P selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
  3. Bapak Zulaspan Tupti, S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
  4. Bapak Dr. Hasrudy Tanjung, S.E., M.Si selaku ketua jurusan dan Bapak Jufrizen, S.E., M.Si selaku Sekretaris jurusan Manajemen Universitas Ekonomi Muhammadiyah Sumatera Utara.
  5. Bapak Drs. H.M. Effendi Pakpahan, M.M sebagai pembimbing skripsi penulis yang telah memberikan waktu dan kesempatannya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan tepat waktu.
  6. Seluruh dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang telah banyak membantu dan memberikan banyak ilmu yang sangat bermanfaat dari awal penulis kuliah hingga sekarang.
  7. Seluruh staff Biro Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara khususnya Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen yang telah membantu kelancaran segalan urusan akademik dan administrasi.
  8. Untuk Abangnda Tomo Wira Sasmita, S.E dan Ade Setio Yuwono yang telah mendukung dan memberi semangat kepada penulis.
  9. Teman-temanku di Angkatan 2010 yang seperjuangan penulis, khususnya kelas Manajemen F pagi yang telah mendengar keluh kesah penulis dan memberikan bantuan selama menyelesaikan skripsi ini.
  10. Terima kasih buat sahabat-sahabat sekalian, Pitri Kumala Sari, Mailani Sandy, Rizky Pradita yang senantiasa selalu memberikan saya motivasi dan dorongan dalam menyelesaikan skripsi ini sejak awal maupun sampai akhir skripsi ini terselesaikan.
  11. Especially, Agustin Bayu terima kasih banyak atas doa, kesabaran, motivasi dan yang selalu memberikan dukungan kepada penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. ^You Always in My Heart^

Atas bantuan dan dukungannya, penulis mengucapkan banyak terima kasih, semoga Allah SWT membalas semua budi baik dan jasa-jasa mereka yang berlipat ganda. Amin.....Ya Robbal Alamin.

Medan,     April  2014
Penulis,


AYUNINGTYAS
NPM. 1005160300




 >>>>selanjutnya klik di bawah<<<<

0 komentar:

Posting Komentar