1.      Pengembangan Obyek Wisata
Pengembangan adalah proses, cara pembuatan mengembangkan kesasaran yang dikehendaki (KBBI 1986, Balai Pustaka, Jakarta). Pengembangan adalah suatu usaha menuju kearah yang lebih baik yang menyebabkan adanya perubahan dan pertumbuhan. Perubahan itu bisa dalam arti kualitas dan kuantitas. Secara kualitas berarti meningkatkan daya tarik obyek wisata melalui peningkatan mutu pelayanan. Sedangkan secara kuantitas berarti perluasan keanekaragaman obyek wisata serta akomodasi lainnya.
Dalam upaya pengembangan suatu obyek wisata strategi-strategi dalam pelaksanaannya diperlukan untuk membuat suatu obyek wisata menarik dan memilikidaya jual yang tinggi. Adapun bentuk-bentuk strategi yang dilakukan adalah strategi promosi keseluruhan paket wisata baik obyek wisata alam maupun obyek wisata buatan melalui program pengembangan seperti:
  1. Promosi dapat dilakukan melalui media brosur yang disebarkan di hotel atau tempat umum (mall atau pusat perbelanjaan)
  2. Bekerja sama pada pihak hotel-hotel untuk mempromosikan obyek wisata ke pasar wisata internasional.
  3. Promosi melalui media internet yang dapat dilakukan oleh pihak Sub Dinas Pariwisata bekerjasama dengan pihak sponsor yang memiliki jaringan bisnis di bidang pariwisata.

Suatu obyek wisata agar menjadi daerah tujuan wisata maka obyek wisata tersebut harus siap menerima kedatangan wisatawan dengan memberikan pelayanan yang baik setiap kunjungan wisatawan.
Spilance (1990) menyatakan bahwa untuk menciptakan pemasukan yang banyak dari wisatawan maka dilakukan langkah-langkahdiantara lain:
  1. Meningkatkan pelayanan terpadu terpadu di pintu gerbang masuk wisatawan sehingga mempermudah masuk wisatawan maupun keluar.
  2. Meningkatkan pelayanan ke tempat tujuan wisata baik kegiatan pokok maupun penunjang

Menurut Yoeti (1996) ada tiga faktor yang dapat menentukan berhasilnya pengembangan pariwisata sebagai industri. Ketiga faktor tersebut adalah:
  1. Tersedianya obyek dan atraksi wisata yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang yang mengunjungi suatu daerah wisata. Misalnya keindahan alam, hasil kebudayaan, tata cara hidup masyarakat, festival tradisional, dan upacara keagamaan.
  2. Adanya accessibility yaitu prasara dan sarana dengan segala fasilitas sehingga memungkinkan para wisatawan mengunjungi suatu daerah tujuan wisata tersebut.
  3. Tersedianya amenities yaitu sarana kepariwisataan yang dapat memberikan pelayanan kepada wisatawan selama dalam perjalanan wisata yang dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri.

Damanik dan Weber (2006) menyatakan bahwa dalam pengembangan pariwisata, pemerintah memainkan peranan bahkan memiliki tanggung jawab dalam hal berikut:
  • Peraturan tata guna lahan pengembangan kawasan pariwisata
  • Perlindungan terhadap lingkungan alam dan budaya
  • Penyediaan infrastruktur pariwisata
  • Kebijakan fasilitas fiscal, pajak, kredit, dan ijin usaha
  • Keamanan dan kenyamanan berwisata
  • Jaminan kesehatan
  • Penguatan kelembagaan pariwisata
  • Pendampingan dan promosi pariwisata
  • Regulasi persaingan usaha
  • Pengembangan sumberdaya manusia

Masyarakat lokal sebagai pihak yang menerima kedatangan wisatawan, perlu dilibatkan dalam proses pengembangan pariwisata, supaya keberhasilanya lebih terjamin. Berbagai peran dapat dilaksanakan oleh masyarakat setempat dalam pengembangan pariwisata di daerahnya. Peran yang dimaksud adalah:
  • Menjadi pemandu wisata
  • Menjadi pelaku usaha pariwisata
  • Mengaktualisasikan budaya masa lalu
  • Mengembangkan lembaga pariwisata

Menurut Mahdy (1998), peranan masyarakat dalam pengembangan adalah melalui perilakunya tentang kesadaran setiap warga masyarakat untuk merasa bertanggung jawab dan berpartisipasi di bidang pariwisata yang dikenal dengan istilah ‘sadar wisata’ 
2.      Sapta Pesona
Peran masyarakat dalam pengembangan suatu obyek wisata, sangat mempengaruhi kenyamanan wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata tersebut. Adapun perwujudan peran masyarakat dalam partisipasi pelaksanaan sapta pesona. Sapta pesona terdiri dari dua suku kata yaitu sapta dan pesona. Sapta berarti tujuh dan pesona berarti daya tarik sehingga seseorang merasa kagum dan betah.
Program Sapta Pesona mempunyai unsur-unsur sebagai berikut:
1.      Aman
  1. Suatu kondisi lingkungan wisata yang memberikan rasa tenang, bebas dari rasa takut dan kecemasan wisatawan
  2. Daerah tujuan wisata dengan lingkungan yang membuat nyaman wisatawan dalam melakukan kunjungan
  3. Menolong, melindungi, menjaga, memelihara, memberi dan meminimalkan resiko buruk bagi wisatawan yang berkunjung

2.      Tertib
  • Mencerminkan sikap disiplin, teratur dan propesional, sehingga memberikan kenyamanan kunjungan wisatawan.
  • Ikut serta memelihara lingkungan
  • Mewujudkan budaya antri
  • Taat aturan/ tepat waktu
  • Teratur, rapi, dan lancar

3.      Bersih
  • Layanan yang mencerminkan keadaan bersih, sehat hingga memberikan rasa nyaman bagi kunjungan wisatawan
  • Berpikir positif pangkal hidup bersih
  • Tidak asal buang sampah/limbah
  • Menjaga kebersihan obyek wisata
  • Menjaga lingkungan yang bebas polusi
  • Menyiapkan makanan yang higienis
  • Berpakaian yang bersih dan rapi

4.      Sejuk
  1. Wisata yang sejuk dan teduh akan memberikan perasaan nyaman dan betah bagi kunjungan wisatawan
  2. Menanam pohon dan penghijauan
  3. Memelihara penghijauan di lingkungan tempat tinggal terutama jalur wisata
  4. Menjaga kondisi sejuk area publik, rumah makan, penginapan, dan sarana fasilitas wisata lain

5.      Indah
  1. Wisata yang mencerminkan keadaan indah menarik yang memberikan rasa kagum dan kesan mendalam bagi wisatawan
  2. Menjaga keindahan obyek dan daya tarik wisata dalam tatanan harmonis yang alami
  3. Lingkungan tempat tinggal yang teratur, tertib, danserasi dengan karakter serta istiadad lokal
  4. Keindahan vegetasi dan tanaman peneduh sebagai elemen estetika lingkungan

6.      Kenangan
  1. Kesan pengalaman disukai wisata akan menyenangkan wisatawan dan membekas kenangan yang indah, hingga mendorong pasar kunjungan wisata ulang
  2. Menggali dan mengangkat kebudayaan lokal
  3. Menyajikan makanan/ minuman khas yang unik, bersih dan sehat
  4.  Menyediakan cendra mata yang menarik

7.      Ramah Tamah
  • Sikap masyarakat yang mencerminkan suasana akrab, terbuka dan menerima hingga wisatawan betah atas kunjungannya
  • Jadi tuan rumah yang baik dan rela membantu para wisatawan
  • Memeberikan informasi tentang adat istiadat secara spontan
  • Bersikap menghargai atau toleran terhadap wistawan yang dating
  • Menampilkan senyum dan keramah-tamahan yang tulus
  • Tidak mengharapkan sesuatu atas jasa telah diberikan


A.    Penelitian Yang Relevan
1.      Widodo (2001)
Dalam penelitianya yang berjudul “Pengembangan Obyek Wisata dan Sumbanganya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Dati II Klaten”, bertujuan untuk mengetahuiperkembangan obyek wisata di daerah penelitian dan untuk mengetahui sumbangan pariwisata daerah terhadap pendapatan asli daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data sekunder dengan menggunakan analisis tabel frekwensi dan skoring. Data yang digunakan adalah pendapatan daerah, jumlah pengunjung, dan infrastruktur. Hasil dari penelitian tersebut adalah sumbangan dari sektor pariwisata merupakan sumbangan yang besar terhadap pendapatan asli daerah, dan kabupatan klaten memiliki tingkat perkembangan obyek wisata alam yang masuk dalam klasifikasi sedang.
2.      Chairani (2006)
Dalam penelitiannya yang berjudul “Analisis Pengembangan Pesona Wisatadi Desa Air Teluk Hessa Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan”, bertujuan untuk mengetahui keadaan lokasi wisata berdasarkan prasarana, sarana, keamanan, kebersihan, keindahan, keramah tamahan serta upaya yang dilakukan pemilik usaha dalam pengembangannya.
Hasil penelitiannya menunjukan bahwa potensi obyek wisata pesona wisata desa Air Teluk hessa tergolong baik, dalam pengembangannya. Hal ini dapat dilihat dari kondisi prasarana menunjukan baik dengan skor 19 dari Range kategori baik (16,3-21). Sedangkan untuk kondisi sarana juga menunjukan skor baik dengan skor 19 dari range kategori baik (18,7-24) serta penerapan sapta pesona di lokasi obyek wisata mendapatkan penilaian baik dengan total keseluruan berkisar 31-36 dengan range baik 31-36. Selain itu dalam upaya pengembangannya pemilik usaha melakukan promosi yang disebarkan melalui media brosur.
3.      Nurchamsiah (2011)
Dalam Penelitiannya yang berjudul “Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Mengaya Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah”, bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung pengembangan obyek wisata air terjun Mengaya, mengetahui faktor-faktor penghambat obyek wisata air terjun Mengaya, mengetahui usaha yang dilakukan dalam pengembangan obyek wisata air terjun Mangaya.
Hasil penelitiannya adalah:
  1. Yang menjadi faktor pendorong dalam pengembangan obyek wisata tersebut yaitu ketersediaan lahan yang luas dan keindahan alam yang masih mempertahankan kelestarian hutan
  2. Faktor penghambat yaitu kurangnya sarana dan prasarana, promosi, serta penerapan sapta pesona kepariwisataan.
  3. Usaha pengembangan obyek wisata belum dilakukan terhadap obyek wisata air terjun Mengaya. Sedangkan potensi fisik yang dimiliki obyek wisata tersebut. Pengembangan yang harus dilakukan seperti peningkatan pengadaan sarana dan prasarana.

4.      Tri Eka Pardede (2011)
Dalam penelitiannya berjudul “Potensi dan peluang pengembangan Sektor Pariwisata Di Kota Tebing Tinggi, bertujuan untuk memenuhi keinginan masyarakat kota Tebing Tinggi yang haus akan tempat hiburan. Dengan melihat dari potensi wista yang terdiri dari faktor fisik seperti keadaan lahan dan air serta faktor non fisik seperti sarana dan prasarana dan sapta pesona dan peluang pengembangan yang terdiri dari peran masyarakat dan pemerintah.
Hasil penelitiannya yaitu:
  1. Sektor pariwisata di kota Tebing Tinggi sangat berpotensi yang disebabkan adanya lahan yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obyek wisata, strategisnya Kota Tebing Tinggi yang dikarenakan sebagai jalur transit lintas timur dan lintas tengah sehingga berpotensi untuk dibangun obyek wisata baru
  2. Sektor periwisata di kota Tebing Tinggi memiliki Peluang untuk mengembangkan obyek wisata yang ada di kota Tebing Tinggi terlihat dari tingginya keinginan masyarakat kota Tebing Tinggi yang menginginkan adanya obyek wisata sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan bersantai yang kemudian mendapatkan dukungan dari pemerintah yang langsung berbenah dan membuat program pembangunan beberapa obyek wisata di Kota Tebing Tinggi

5.      Sediati Siregar (2011)
Dalam penelitiannya yang berjudul “ Potensi Obyek Wisata di Kabupaten Dairi”, bertujuan untuk mengetahui informasi tentang potensi wisata dan upaya pemerintah dan masyarakat dalam peranannya mengembangkan obyek wisata di kabupaten Dairi.
Hasil penelitiannya yaitu potensi obyek wisata (alam dan Budaya) di kabupaten Dairi kurang berkembang dengan baik. Dapat dilihat kurangnya kelengkapan fasilitas dan kurangnya atraksi wisata. Upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan obyek wisata, dilihat dari hasil penelitian bahwa kedua belah pihak belum optimal usahannya dalam mengembangkan obyek wisata di kabupaten dairi. Kurangnya promosi mengakibatkan banyak lokasi obyek wisata kurang dikenal masyarakat.


 
B.     Kerangka Berpikir
Suatu obyek wisata menjadi daerah tujuan wisata bagi setiap wisatawan harus memiliki potensi obyek wisata yang menarik. Potensi suatu obyek wisata tidak sama di suatu daerah. Potensi obyek wisata tersebut dipengaruhi oleh faktor geografi alamiah, dan faktor non alamiah yang berkaitan dengan keterbatasan prasarana dan sarana, dan adanya atraksi serta tak kalah pentingnya peran pihak pengelolah swasta dalam mengelolah obyek wisata tersebut. Pelaksanaan sapta pesona merupakan pegangan bagi kemajuan pengembangan obyek wisata. Sapta pesona tersebut hadir dengan adanya pengaruh dari masyarakat dan dan pihak pengelolah yang akan menjadi daya tarik  bagi pengunjung untuk senantiasa datang ke obyek wisata tersebut. Jika sapta pesona yang ada ditetapkan sepenuhnya maka secara otomatis akan meningkatkan arus kunjungan yang cukup membantu pengembangan bagi suatu obyek wisata.
Pihak swasta dalam upaya pengembangan terlihat dari penyediaan akomodasi, tempat-tempat hiburan, adanya kegiatan promosi. Upaya-upaya tersebut merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kehadiran wisatawan. Dalam pengembangan dan pembangunan suatu obyek wisata keterlibatan masyarakat diharapkan berperan untuk kehadiran wisatawan. Kesiapan masyarakt untuk menerima wisatawan dan memberikan kesan yang baik bagi kehadiran wisatawan, sangat membantu, dalam pengembangan obyek wisata ke arah yang lebih baik. Pemerintah juga memainkan peranan yang penting sebagai penunjang kelancaran aktivitas dari suatu obyek wisata. Peran pemerintah dalam upaya pengelolaan dan pengembangan obyek wisata Air Terjun Ponot diharapkan meningkatkan kemajuan wisatawan, peningkatan devisa dan membuka lapangan kerja seta dapat melestarikan kebudayaan bangsa.

Kerangka berpikir untuk lebih jelasnya digambarkan dalam skema berikut:
Gambar 1. Skema Kerangka Berpikir

8 komentar:

  1. Saya SEKARANG FULFILL BERHARGA KERUGIAN DARI PINJAMAN I GOT DARI LFDS. Saya ingin membawa ini kepada notis orang ramai tentang bagaimana saya menghubungi LFDS selepas saya kehilangan pekerjaan saya dan ditolak pinjaman oleh bank saya dan kewangan lain institusi kerana skor kredit saya. Saya tidak dapat membayar yuran anak saya. Saya tertinggal di atas bil, kira-kira akan dibuang keluar rumah kerana saya tidak dapat membayar sewa saya. Pada masa ini, anak-anak saya diambil dari saya oleh penjagaan angkat. Kemudian saya berikan untuk mencari dana dalam talian di mana saya kehilangan $ 3,670 yang saya dipinjam dari rakan-rakan yang saya telah merobek oleh dua syarikat pinjaman dalam talian. Sehingga saya membaca tentang: Perkhidmatan Pembiayaan Le_Meridian (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) di suatu tempat di internet, Masih tidak meyakinkan kerana apa yang saya telah lalui sehingga saudara saya yang seorang paderi juga memberitahu saya mengenai skim pinjaman LFDS yang berterusan pada kadar faedah yang sangat rendah sebanyak 1.9 %% dan terma pembayaran balik yang indah tanpa penalti kerana gagal bayar pembayaran. Saya tidak mempunyai pilihan selain menghubungi mereka yang saya lakukan melalui teks + 1-989-394-3740 dan Encik Benjamin menjawab kembali kepada saya Hari itu adalah hari yang terbaik dan paling hebat dalam hidup saya yang tidak boleh dilupakan apabila saya menerima amaran kredit $ 400,000.00 Jumlah pinjaman kami yang dipohon. Saya menggunakan pinjaman dengan berkesan untuk membayar hutang saya dan memulakan perniagaan dan hari ini saya dan anak-anak saya sangat gembira dan memenuhi. Anda juga dapat menghubungi mereka melalui e-mel: (lfdsloans@outlook.com / lfdsloans@lemeridianfds.com) Helaian WhatsApptext: + 1-989-394-3740 Mengapa saya melakukan ini? Saya melakukan ini untuk menyelamatkan seberapa banyak yang memerlukan pinjaman tidak menjadi mangsa penipuan di internet. Terima kasih dan Tuhan memberkati anda semua, saya Oleksander Artem dari Horizon Park BC, Ukraine.

    BalasHapus
  2. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    W / S: +1(585)708-3478

    Ny. Karina SELAMAT DATANG DI PERUSAHAAN KARANG ROLAND KARINA, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah memberikan Layanan Profesional yang Unggul.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda berada dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp kami hanya di +1(585)708-3478

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar Baik, Semuanya.
      Nama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi dia telah mengubah saya menjadi orang kaya sekarang, karena saya sekarang dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
      Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
      Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke rekening bank saya.

      Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
      Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk info lebih lanjut. dan di sini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Loans rahimteimuri97@gmail.com Dia memperkenalkan saya kepada Ibu Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk mendapatkan lebih banyak arahan. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.

      Hapus
  3. Halo pemirsa di seluruh dunia, Ada kabar baik untuk Anda semua hari ini dapatkan kartu ATM Kosong Anda yang berfungsi di semua mesin ATM di seluruh dunia. Kami memiliki program khusus kartu ATM yang dapat digunakan untuk meretas mesin ATM, kartu ATM dapat digunakan untuk menarik di ATM atau geser, di toko dan POS. Kami memberikan kartu ini kepada semua klien yang tertarik di seluruh dunia, Kami memberikan Kartu ATM Kosong. Apakah Anda ingin menjalani kehidupan yang baik yang dianggap ilegal, cara termudah untuk menjadi jutawan. itu juga memiliki teknik yang membuat CCTV tidak mungkin mendeteksi Anda dan Anda hanya dapat menarik sejumlah $ 5.000 Dolar dalam sehari di Mesin ATM juga tersedia saat pengiriman tunai. Kami memberikan hingga $ 10.000,00 hingga $ 1.000.000,00 Dolar Dengan layanan peretasan jaringan kami. Kami dapat Memulihkan semua uang Anda yang hilang ke Bitcoin dan mata uang Crypto lainnya, penipuan hipotek / realestate, dan ICO palsu dalam waktu 48 jam atau kurang. (Thomas Freddie Hackers) bekerja sama sebagai tim untuk melacak & memulihkan dana kembali dari PENCIPTA internet yang paling sulit. CATATAN!! Kami telah menerima laporan memilukan yang tak terhitung jumlahnya dari penipu terkenal dan kami berhasil memulihkannya kembali melalui kontak thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Hubungi kami di ((Pemulihan Biner. Kelas Universitas. Menghapus Catatan Kriminal, Peretasan FB & IG, Telegram, Muatan & Peretasan Telepon)) membatasi kami dengan pekerjaan Anda & izinkan kami memberi Anda hasil positif dengan keterampilan peretasan kami. Kami bersertifikat dan privasi Anda 100% aman bersama kami. Jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda, Jika Anda membutuhkan layanan peretasan cyber lainnya, kami siap membantu Anda kapan saja, kapan saja, jadi hubungi kami melalui Alamat Email kami: thomasunlimitedhackers@gmail.com

    Salam
    THOMAS FREDDIE PERETAS TANPA BATAS
    Kirim email ke thomasunlimitedhackers@gmail.com
    Motto: Kami menawarkan layanan tercepat dan terpercaya

    BalasHapus
  4. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.vipmario55. net
    - www.vipmario55. org

    BalasHapus
  5. Dua bulan lalu saya kehilangan $18,700 kepada Success-roi untuk pelaburan syiling digital, selepas beberapa minggu, saya mendapati ia adalah satu penipuan.
    Saya telah diperkenalkan dengan JOLLYINVESTIGATORS .com dan menghubungi mereka selepas membaca testimoni mereka. Kes penyiasatan telah dibuka dan saya memberikan semua bukti yang diperlukan, dalam jangka masa panjang saya mendapat kembali wang saya. Terima kasih kepada JOLLYINVESTIGATORS. Jika anda kehilangan wang atau bitcoin, anda tidak boleh kehilangan harapan, anda boleh mencarinya di google

    BalasHapus
  6. Apakah Anda seorang pemilik bisnis? Investor Real Estate atau individu atau mungkin Anda membutuhkan dana untuk kebutuhan pribadi Anda. Jangan khawatir lagi, kami telah membantu Anda. Kami menawarkan pinjaman untuk tart up dan peningkatan bisnis, proyek, pinjaman pribadi, pinjaman Fix and Flip, Pinjaman real estat, Pinjaman uang keras, Pembiayaan Kembali, Pembelian rumah dll, saya akan membiayai hingga 100% dari pembelian dan rehabilitasi, beli & tahan dan bisnis yang layak ditolak oleh bank dan perusahaan hipotek dengan tingkat bunga 3% tanpa penalti pembayaran di muka. Jika Anda tertarik silahkan email kami melalui ( quickloanlender.help@gmail.com ) untuk informasi lebih lanjut. Wa saya. +2348147789417

    BalasHapus