AKADEMI PEREKAM MEDIK DAN INFORMASI KESEHATAN IMELDA (APIKES) MEDAN

Nama              : Heri Aswinardi Nasution
Nim                 : 1113464020
Judul              : Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian
  Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun  
  2014

ABSTRAK
Kelengkapan pengisian berkas rekam medis oleh tenaga kesehatan akan memudahkan tenaga kesehatan lain dalam memberikan kebijakan atau terapi kepada pasien,selain itu juga sebagai sumber data pada bagian rekam medis dalam pengolahan data.Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis di RSUD Sipirok  Tahun 2014. Manfaat penelitian sebagai masukan bagi institusi Apikes dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Sipirok tanggal  26 Mei sampai 6 Juni 2014 degan jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Berkas Rekam Medis  pasien baru rawat jalan 195 berkas, serta petugas Pengisian Berkas Rekam Medis sebanyak 10 orang. Sampel dalam penelitian ini  adalah jumlah dari total populasi dari petugas rekam medis  sebanyak 10 orang dan sebagian dari berkas pasien baru rawat jalan yang dipilih secara random sampling sebanyak 125 berkas. Data dikumpulkan degan cara kuesioner dan wawancara dianalisa dan disajikan dalam bentuk table dan tekstular.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan petugas  rekam medis dalam pengisian berkas rekam medis tentang pengisian identitas pasien baru rawat jalan terhadap kelengkapan berkas rekam medis di RSUD.Sipirok. Berdasarkan pengetahuan mayoritas dijumpai berpengetahuan sedang sebanyak 6 orang (60%), Berdasarkan berkas rekam medis pasien baru rawat jalan dari nama lengkap mayoritas dijumpai 174 berkas (87,2%) tidak lengkap,
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat pengetahuan petugas rekam medis dalam pengisian berkas rekam medis masih dipengaruhi oleh pendidikan dan lama bekerja,usia, sedangkan kelengkapan  berkas dilihat dari nama, alamat, nomor rekam medis dan usia. Dari penelitian ini, maka petugas pendaftaran pasien baru agar menjalankan prosedur tetap yang telah ada, dan perlu peningkatan frekuensi pelatihan dan bimbingan bagi petugas rekam medis.

Kata Kunci : Pengetahuan, Petugas, Kelengkapan Berkas Rekam Medis



KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penelitian ini degan judul “Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun 2014“. Penelitian ini bertujuan  untuk meneliti  Tingkat Pengetahuan Petugas Rekam Medis Dalam Pengisian Berkas Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Sipirok Tahun 2014.
Terwujudnya penelitian ini tidak dapat terlepas dari bimbingan dan dorongan berbagai pihak baik secara moril maupun materil. Maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :
  1. dr. H.R.I. Ritonga, MSc, selaku ketua Yayasan Imelda Medan.
  2. dr. Imelda L. Ritonga, S. kep, M.Pd, MN selaku  koordinator Pendidikan  Yayasan Imelda Medan.
  3. dr, Suheri P, Gultom, M.Kes selaku Direktur Akademi Perekam Medik dan Informasi Kesehatan  (APIKES) Imelda Medan.
  4. Wadir 1, Esraida Simanjuntak, SKM.
  5. Wadir II, Ali Sabelah S.Kep Ns
  6. Wadir III, Parmen  Silalahi.M,Kes.
  7. Esraida Simanjuntak, SKM. Selaku Dosen pembimbing yang selalu memberikan arahan kepada penulis mulai dari awal sampai terselesainya penelitian ini.
  8. Wali Kelas, Staf Dosen/ Pegawai Imelda Medan telah membimbing kami dan mengajari kami selama ini.
  9. Seluruh staf Dosen Akademi  Perekam  Medis dan Informasi Kesehatan  Imelda.
  10. Direktur dan seluruh staf  pegawai RSUD Sipirok khususnya petugas rekam  medis yang telah banyak membantu penulis.

  • Ayahanda dan Ibunda, abang dan kakak, dan seluruh keluarga yang memberikan dukungan serta doa selam perkuliahan sampai dengan terselesainya penelitian ini.
  • Teman-teman satu kelas stambuk 2011 khususnya Rahmad Hatimbunan, Lolita, Lorina, Hanafi, Nova. Taufik, Nandar, Faisal, Lily.Desma, Putri, Uki, Eva, Fitri, Nuril. Melly, Asrul, Nova, Pangeran, Dedek, Rahmi, Budi. Heru, Dani, Nelly, Marsha, Vino, Mitha, Dini, Nelly, Dwi, Chairani, Emmy.
  • Serta semua pihak yang telah membantu penulis dan memberikan dukungan dan masukkan yang namanya tidak mungkin satu persatu.

Semoga penelitian ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan dapat        meningkatkan Mutu  Profesi  Perekam  Informasi Kesehatan.

                                                                                                  Medan,     Juni 2014
                                                                                                         Peneliti


                                                                                                  .....................................


>>>>>>>selanjutnya klik di bawah<<<<<<<<

0 komentar:

Posting Komentar