BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1. Kesimpulan
            Berdasakan penelitian yang dilakukan terhadap 36 responden yang terdiri dari 18 reponden perempuan dan 18 responden laki-laki tentang pengetahuan mengenai alat Kontrasepsi Mantap (kontap) di Perumahan Nasional Desa Kalang Simbara Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun 2012 dapat dibuat kesimpulan bahwa :
  1. Dari hasil penelitian mengenai karakteristik responden berdasarkan umur, bahwa sebagian besar responden berumur 31-35 tahun sebanyak 14 orang (38,89) dan yang paling sedikit berumur 21-25 tahun 7 orang (19,44) dan umur  36-40 tahun  sebanyak 7 orang (19,44).Berdasarkan jenis kelamin,  jumlah responden laki-laki dan perempuan sama, yaitu 18 orang (50%) laki-laki dan 18 orang (50%) perempuan. Berdasarkan tingkat pendidikan sebagian besar responden mempunyai tingkat pendidiakan Diploma/sarjana yaitu sebanyak 19 orang (52,78%), dan yang paling sedikit berpendidikan SLTP sebanyak 2 orang, dan dari atas dapat diperoleh bahwa tidak ada tidak ada responden yang berpendidikan SD. Berdasarkan tingkat pendapatan responden maka diperoleh sebagian yang memiliki pendapatan tiap responden 1.100.000. s/d 1.500.000,- sebanyak 14 orang (38,89%) dan paling sedikit yang memiliki pendapatan yaitu 2 orang, yaitu tidak memiliki pendapatan pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga.
  2. Dan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan pasangan usia subur tentang pemakaian alat kontrasepsi : Kontrasepsi Mantap (kontap) di peumahan nasional desa kalang simbara kecamatan sumbul kabupaten dairi tahun 2012.

5.2. Saran
            Berasarkan kesimpulan diatas maka penulis dapat menyarankan kepada semua pihak yaitu :
  1. Diharapkan kepada semua pasangan usia subur non akseptor agar lebih menigkatkan pengetahuan dan juga penulis mengharapkan agar pasangan usia subur non akseptor menjadi pasangan akseptor khususnya kontrasepsi mantap : tubektomi (perempuan) vasektomi (laki-laki). Serta dapat menginfomasikan kepada pasangan usia subur non akseptor yang lain.
  2. Di harapkan kepada petugas kesehatan di desa kalang simbara khususnya di perumahan nasional kalang simbara kecamatan sidikalang kabupaten dairi tahun 2012 agar lebih memberikan informasi tentang alat kontraepsi khususnya kontrasepsi mantap.
  3. Di harapkan kepada penulis selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian tentang alat kontrasepsi khusunya kontrasepsi mantap dengan tingkat yang lebih baik dan diharapkan kepada tokoh masyarakat berperan serta dalam penggunaan alat kontrasepsi khususnya kontrasepsi mantap.


DAFTAR PUSTAKA 
Ari Sulistyawati, 2011, Pelayanan Keluarga Berencana, Salemba Medika
Suratun, dkk, 2008, Pelayanan Keluarga Berencana Dan Pelayanan Kontrasepsi,  Trans Info Media

Meilani Niken, dkk, pelayanan keluarga berencana, fitramaya
Rustam Mochtar,1998, Sinopsis Obstetric, Buku Kedokteran EGC
dr. Hanafi Hartanto,2004, Keluarga Berencana Dan Kontrasepsi, Putaka Sinar      Harapan

Notoadmodjo, Soekidjo. 2003.Metodologi Penelitan Kesehatan.  Rineka    Cipta.Jakarta

Notoadmodjo, Soekidjo. 2010.Metodologi Penelitan Kesehatan.  Rineka    Cipta.Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar