BAB IV
PENUTUP

Dari uraian pembahasan sebelumnya tentang kelahiran seksio sesarea dengan menggunakan proses asuhan keperawatan secara komprehensif, maka penulis dalam bab ini akan menguraikan tentang simpulan serta saran dari karya tulis ilmiah yang berjudul “Asuhan Keperawatan pada Ny. NPost Op Seksio Sesarea Hari Ketiga Dengan Indikasi Presbo di Ruang Nusa Indahdr. Soeselo Slawi”.
A.  Simpulan
Berdasarkan pembahasan maka dapat disimpulkan hal sebagai berikut :
  1. Penulis melakukan asuhan keperawatan dengan komprehensif dari pengkajian didapatkan data antara lain : data subyektifyang meliputi klien mengatakan nyeri, P : saat bergerak, Q: nyeri seperti ditusuk-tusuk, R: nyeri pada bekas operasi di daerah perut, S: skala nyeri 4, T: 30 menit sekali dan klien tidak tahu cara merawat luka bekas operasi. Data obyektif meliputi ekspresi klien menyeringai dan mengeluh kesakitan, terdapat luka jahit bekas operasi sejumlah 8 jahitan sepanjang 12 centimeter, ada nyeri tekan, pernapasan 24 kali permenit klien sering bertanya pada perawat, klien nampak bingung, Hemoglobin Low 10.0 Gram per dalam liter, Limfosit Low 16.30 persen, Leukosit Hight 10.200 per unit, Suhu tubuh : 37,6 derajat celcius, terdapat luka jahit bekas operasi sejumlah 8 jahitan sepanjang 12 centimeter, luka kemerahan.
  2. Berdasarkan data yang ada penulis menentukan 3 diagnosa yaitu nyeri berhubungan dengan agen cidera fisik (prosedur pembedahan), kurang pengetahuan (spesifik) berhubungan dengan keterbatasan kognisi, resiko  infeksi berhubungan dengan prosedur invasif.
  3. Rencana intervensi yang disusun sepenuhnya tidak dapat diimplementasikan pada klien sesuai dengan yang penulis rencanakan karena keterbatasan waktu penulis.
4.      Untuk selanjutnya implementasipenulis menyesuaikan dengan keadaan klien.Adapun beberapa implementasi yang dilakukan penulis yaitu mengganti linen klien, mengukur  tanda-tanda vital, mengkaji nyeri secara komprehensif, mengganti balutan klien, menginspeksi balutan abdominal terhadap eksudat atau rembesan, mengajarkan tekhnik relaksasi non farmakologi (tarik nafas dalam), memberikan obat asam mefenamat 500 miligram per oral, menganjurkan keluarga menemani klien, memberikan waktu untuk klien dan keluarga untuk bertanya ketika tidak tahu cara bagaimana merawat luka, memberikan pendidikan kesehatan tentang cara perawatan luka post opseksiosesarea, menjelaskan pengertian, menjelaskan tujuan dari perawatan luka, menjelaskan tanda-tanda infeksi, menjelaskan peralatan yang dibutuhkan, menjelaskan cara mengganti balutan dan menanyakan kepada klien apakah sudah tahu bagaimana cara merawat luka post opseksio sesarea setelah pendidikan kesehatan.Beberapa kendala penulis hadapi dalam pengelolaan kasus dengan kelahiran seksio sesarea hal tersebut terjadi karena beberapa sebab antara lain : kurangnya ketelitian penulis dalam penyusunan laporan, terbatasnya waktu yang diberikan selama ujian dilaksanakan, terbatasnya pengetahuan penulis tentangseksio sesarea kendala-kendala yang penulis hadapi dapat diselesaikan atau dicari jalan keluarnya dengan adanya faktor pendukung seperti kooperatifnya keluarga dan klien saat penulis melakukan pengkajian sampai dengan evaluasi, kerjasama yang baik yang dapat penulis lakukan dengan perawat ahli gizi, dan dokter yang ada, serta dukungan dari teman-teman selama ujian dilaksanakan.
5.      Dengan penulis melakukan pengelolaan kasus kelahiran dengan seksio sesarea pada Ny.N penulis dapat menemukan kesenjangan dalam melaksanakan asuhan keperawatan pada Ny. N seperti penemuan data yang ada dalam teori namun tidak muncul pada kasus, sehingga penulis harus dapat mengkaji lebih dalam tentang masalah klien yang oleh klien dianggap suatu hal yang wajar dan tidak menjadi masalah tetapi jika dilihat dari segi keperawatan dan medis adalah hal yang sangat serius yang perlu segera diatasi.

B.     Saran
1.    Bagi Rumah Sakit
Rumah Sakit melalui petugas yang ada di ruangan lebih aktif dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan pada klien dengan persalinan seksio sesareadan cara penanganan awal pada klien dengan persalinan seksio sesarea agar tidak terjadi infeksi sehingga pemahaman masyarakat tentang cara penanganan terhadappersalinanseksio sesarea akan lebih baik dan resiko infeksi bisa dicegah.
2.    Bagi Institusi Pendidikan
Institusi pendidikan telah banyak memberikan informasi tentang kesehatan khususnya tentang persalinan dengan seksio sesarea. Tuntutan zaman yang terus berkembang menyebabkan kebutuhan masyarakat akan informasi kesehatan harus terus ditingkatkan yaitu dengan memberikan lebih banyak materi pada para mahasiswanya, selain itu sebagai bahan bacaan di perpustakaan.
3.    Bagi Keluarga
Keluarga adalah orang terdekat dari klien, diharapkan dapat berperilaku hidup bersih serta mengetahui cara pencegahan agar tidak terjadi infeksi pada klien dengan keluarga tahu bagaimana cara perawatan luka post op seksio sesarea yang benar.
4.    Bagi Masyarakat
Pengetahuan dan perilaku hidup bersih dan sehat perlu untuk dipertahankan dan berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulanganpersalinan seksio sesarea, bagi masyarakat yang belum dapat berperilaku hidup sehat diharapkan supaya berperilaku lebih positif dengan melakukan pola hidup sehat.
5.    Bagi Penulis
Perlu untuk menambah dan meningkatkan kemampuan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien yang persalinannya secara seksio sesareaserta perlu memperbaiki agar karya tulis ini lebih sempurna.

DAFTAR PUSTAKA
Carpenito, Lynda Juall. 2009. Diagnosa Keperawatan Aplikasi pada Praktik Klinis.Jakarta : EGC
Dongoes, Marilynn E. 2000. Penerapan Proses Keperawatan dan Diagnosa Keperawatan.Jakarta : EGC
Dongoes, Marilynn E. 2001. Rencana Perawatan Maternal atau Bayi : Pedoman untuk Perencanaan dan Dokumentasi Perawatan klien. Jakarta : EGC
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung.Obstetri Operatif. Jakarta : EGC.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia : Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan . Jakarta : Salemba Medika
Manuaba, A. C. Ida, et al. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta : Buku Kedokteran EGC. Tiga Pengarang
Nursalam.2001. Proses dan Dokumentasi Keperawatan.Jakarta : Salemba Medika
Perry and Potter. 2009. Fundamental Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika
Taber, Ben-Zion.1994. Kapita Selekta Kedaruratan Obstetri dan Ginekologi.Jakarta : EGC
Ujiningtyas, C. Sri Hari. 2009. Asuhan Keperawatan Persalinan Normal. Jakarta : Salemba Medika
Wilkinson, Judith M. 2007. Buku Saku Diagnosis Keperawatan.Jakarta : EGC
Http://etd.eprints.ums.ac.id/13349/2/BAB_I_.pdf. Diakses tanggal 17 April 2012.

Http://www.scribd.com/doc/12863508/Letak-Sungsang- presbo.Diakses tanggal 17 April 2012.

0 komentar:

Posting Komentar