BAB  3
METODE PENELITIAN

Seorang balita yang datang keposyandu akan melakukan pendaftaran pada meja 1. Kemudian dilakukan penimbangan pada meja 2. Tetapi ada juga balita yang tidak ditimbang karena menangis atau tidak mau ditimbang. Untuk balita yang tidak mau ditimbang bisa langsung ke meja 4 untuk mendapatkan PMT penyuluhan. Sedangkan bagi balita yang sudah ditimbang KMS nya bisa diisi pada meja 3 dan juga ada yang tidak diisi dikarenakan tidak membawa KMS tetapi akan diisikan pada register kohort saja. Setelah hasil penimbangan balita dicatat pada KMS dan register Kohort balita tersebut bisa memanfaatkan pelayanan pada meja 4. Dari meja 4 balita tersebut akan kemeja 5 untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi yang sakit maupun yang imunisasi. Untuk balita sehat dan tidak imunisasi tidak akan memanfaatkan pelayanan yang ada di meja 5.Tapi pada penelitian ini meja 5 tidak diteliti ini dikarenakan pada meja 5 tidak semua bayi dan balita yang memanfaatkan fasilitas pada meja tersebut.

A.  Desain Penelitian
Dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif yaitu menggambarkan pemanfaatan 4 meja dari sistem 5 meja posyandu oleh bayi dan balita di desa Genteng Kecamatan Genteng wilayah kerja Puskesmas Genteng Kabupaten Banyuwangi.


B.  Populasi, Sampel dan Sampling
  1. PopulasiPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh bayi dan balita di desa Genteng selama bulan Januari 2012
  2. SampelSampel yang digunakan adalah seluruh bayi dan balita di desa Genteng wilayah kerja puskesmas Genteng yang berkunjung ke 6 posyandu yaitu Posyandu Mawar, Posyandu Anggrek, Posyandu Anik, Posyandu Aisyah, Posyandu Melati dan Posyandu Brilliant selama bulan Januari 2012.
  3. SamplingPengambilan sampling dilakukan dengan cara total populasi dari keseluruhan bayi dan balita yang datang ke 6 posyandu yaitu Posyandu Mawar, Posyandu Anggrek, Posyandu Anik, Posyandu Aisyah, Posyandu Melati dan Posyandu Brilliant selama bulan Januari 2012 di desa Genteng yang dilihat pada register kunjungan balita keposyandu.


C.  Kriteria Sampel
1.     Kriteria Inklusi
Kriteria inklusi dalam penelitian adalah :
a.       Bayi dan balita ( 0 – 5 th ) yang merupakan balita di desa jangkar.
2.     Kriteria eksklusi
Kriteria eksklusi dalam penelitian ini adalah :
a.       Balita yang datang kePosyandu Mawar, Posyandu Anggrek, Posyandu Anik, Posyandu Aisyah, Posyandu Melati dan Posyandu Brilliant selama bulan Januari 2012 yang berasal dari luar wilayah .

D.  Variabel Penelitian
Variabel adalah suatu yang digunakan sebagai ciri dan sifat atau ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang suatu konsep pengertian dan berdasarkan hubungan fungsional antara variabel independen dan variabel dependen.  (Notoatmodjo,2002)
     Variabel dalam penelitian ini meliputi : bayi dan balita yang memanfaakan 4 meja dari sistem 5 meja posyandu di desa Genteng Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.

  
E.   Definisi Oprasional
Variabel
Definisi Oprasional
Alat Ukur
Skala Data
Kategori
Pemanfaatan kegiatan posyandu :
1.Meja 1









2.Meja 2












3.Meja 3









4.Meja 4










Kegiatan memanfaatkan fasilitas pendaftaran









Kegiatan memanfaatkan fasilitas pelayanan penimbangan balita







Kegiatan memanfaatkan fasilitas pelayanan pencatatan pada KMS maupun register kohort

Kegiatan memanfaatkan fasilitas pelayanan penyuluhan kesehatan dan PMT

Berdasarkan register kohort










Berdasarkan register kohort










Berdasarkan register kohort







 Berdasarkan register kohort
Ordinal












Ordinal












Ordinal









Ordinal
1.Baik (Apabila mencapai target pemanfaatan 60 – 95 % )
2.Kurang (apabila mencapai target pemanfaatan <60 % ).

1.Baik (apabila mencapai target pemanfaatan 65 – 95 % )
2.Kurang (apabila mencapai target pemanfaatan <65 %)

1.Baik (apabila mencapai target pemanfaatan 65 – 80 % )




2.Kurang (apabila mencapai target pemanfaatan <65 %)

1.Baik (apabila mencapai target pemanfaatan 65 – 95 % )
2.Kurang (apabila mencapai target pemanfaatan <65 %)




F.  Lokasi dan waktu penelitian
a.      Tempat
         Penelitian ini bertempat di Posyandu Mawar, Posyandu Anggrek, Posyandu Anik, Posyandu Aisyah, Posyandu Melati dan Posyandu Brilliant selama bulan Januari 2012  desa Genteng Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi
b.     Waktu
Waktu yang digunakan untuk penelitian yaitu bulan Januari  2012.

G.  Tehnik Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan data sekunder yaitu data tentang jumlah kunjungan bayi dan balita juga berat badan bayi dan balita yang ditimbang dilihat dari register kohort bayi dan balita di 6 Posyandu. Selain itu juga menggunakan  catatan bulanan kegiatan Posyandu untuk mengetahui jumlah bayi dan balita yang memiliki KMS dan jenis penyuluhan kesehatan yang diberikan dari ke 6 Posyandu yang yang ada di Puskesmas Jangkar pada bulan Januari 2012.

H.  Alat Ukur Yang Digunakan
Alat ukur yang digunakan adalah register kohort bayi dan balita untuk menilai keteraturan kunjungan dan pemanfaatan posyandu oleh balita.


I.  Tehnik Pengolahan Data
  1. EditingData yang didapat dilapangan diperiksa kemudian dikumpulkan.
  2. Coding
  3. TabulatingData yang diperoleh disusun dalam bentuk tabel – tabel distribusi frekuensi.
  4. TransferingMemindahkan jawaban atau kode kemedia tertentu ( Master sheet ).
  5. AnalysisData diolah dan dianalisis tanpa menggunakan uji statistik


J.  Etika Penelitian
Penelitian yang menggunakan objek manusia tidak boleh bertentangan dengan etika agar hak responden dapat terlindungi.Untuk itu perlu adanya ijin dari institusi ( Progam Studi Kebidanan Malang ). Setelah mendapatkan persetujuan,baru penelitian boleh dilakukan dengan menggunakan etika yang meliputi           :
  1. Informed Consent (Lembar Persetujuan Menjadi Responden )Informed consent adalah suatu izin ( konsent ) atau pernyataan setuju dari seseorang yang diberikan secara bebas dan rasional.  (J Guandhi.S.H, 2003)Bertujuan agar responden mengetahui maksud dan tujuan penelitian dan harus menandatangani lembar persetujuan.
  2. Anonimity ( Tanpa Nama)Nama responden tidak perlu dicantumkan pada lembar pengumpulan data.Untuk mengikut sertakan responden,peneliti menuliskan nomor kode pada masing – masing lembar pengumpulan data.
  3. Confidentiality (Kerahasiaan)Kerahasiaan informasi yang telah dikumpulkan dan subjek dijamin kerahasiaannya oleh peneliti hanya beberapa kelompok saja yang akan disajikan atau dilaporkan pada saat penelitian. 

0 komentar:

Posting Komentar