BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar Belakang
Secara teori, sebuah negara dibentuk oleh masyarakat di suatu wilayah yang tidak lain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama setiap anggotanya dalam koridor kebersamaan. Dalam angan setiap anggota masyarakat, negara yang dibentuk oleh mereka ini akan melaksanakan fungsinya menyediakan kebutuhan hidup anggota berkaitan dengan konstelasi hidup berdampingan dengan orang lain di sekelilingnya. Di kehidupan sehari-hari, kebutuhan bersama itu sering kita artikan sebagai “kebutuhan publik”. Salah satu contoh kebutuhan publik yang mendasar adalah kesehatan.
Kesehatan adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Untuk semua pelayanan yang bersifat mutlak, negara dan aparaturnya berkewajiban untuk menyediakan layanan yang bermutu dan mudah didapatkan setiap saat. Salah satu wujud nyata penyediaan layanan publik di bidang kesehatan adalah adanya Puskesmas. Tujuan utama dari adanya Puskesmas adalah menyediakan layanan kesehatan yang bermutu namun dengan biaya yanng relatif terjangkau untuk masyarakat, terutama masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah.
Dalam makalah ini, kami akan membahas mengenai “Pelayanan Puskesmas” karena Puskesmas sebagai bentuk nyata peran birokrasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan sdan karena Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.
 
1.2             Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud dengan Puskesmas dan apa fungsi Puskesmas itu?
2.    Bagaimana penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas?
3.    Apa saja masalah-masalah yang terjadi dalam pelayanan kesehatan di lingkup Puskesmas?
4.    Apa faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup Puskesmas?
5.    Bagaimana solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di lingkup Puskesmas?

1.3             Tujuan
1.    Mengetahui definisi dan fungsi Puskesmas
2.    Mengetahui penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas
3.    Mengidentifikasi masalah-masalah yang terjadi dalam pelayanan kesehatan di lingkup Puskesmas.
4.    Mencari dan menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup Puskesmas.
5.    Mengetahui solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di lingkup Puskesmas.

1.4 Manfaat
Dari pembahasan materi yang tersedia dalam makalah ini, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pembaca untuk mengetahui tentang definisi dan fungsi Puskesmas, serta mengetahui penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas. Selain itu pembaca dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi dalam pelayanan kesehatan di lingkup Puskesmas dan mencari serta menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup Puskesmas, sekaligus dapat mengetahui solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di lingkup Puskesmas.

1.5 Metode
1.      Studi Pustaka
2.      Internet

1.6 Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Tujuan
1.4  Manfaat
1.5  Metode
1.6  Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Birokrasi
2.2 Pengertian Pelayanan Publik
2.3 Pengelompokkan Jenis Pelayanan Publik
2.4 Peran Birokrasi dalam Menyediakan Pelayanan Publik
BAB III ISI
3.1 Definisi dan Fungsi Puskesmas
3.2 Penyelengaaraan Pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas
3.3 Masalah-Masalah yang Muncul di Lingkup Puskesmas
3.4 Faktor-Faktor Penghambat Pelayanan Puskesmas
3.5  Solusi Mengatasi Masalah yang Muncul di Lingkup Puskesmas
      3.6 Analisis Kasus Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas di Kecamatan Tamako
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
4.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA

>>>>>>>>>selanjutnya klik di bawah<<<<<<<<<



0 komentar:

Posting Komentar