BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Secara
teori, sebuah negara dibentuk oleh masyarakat di suatu wilayah yang tidak lain
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama setiap anggotanya dalam
koridor kebersamaan. Dalam angan setiap anggota masyarakat, negara yang
dibentuk oleh mereka ini akan melaksanakan fungsinya menyediakan kebutuhan
hidup anggota berkaitan dengan konstelasi hidup berdampingan dengan orang lain
di sekelilingnya. Di kehidupan sehari-hari, kebutuhan bersama itu sering kita
artikan sebagai “kebutuhan publik”. Salah satu contoh kebutuhan publik yang
mendasar adalah kesehatan.
Kesehatan
adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat kaitannya dengan
kesejahteraan masyarakat. Untuk semua pelayanan yang bersifat mutlak, negara
dan aparaturnya berkewajiban untuk menyediakan layanan yang bermutu dan mudah
didapatkan setiap saat. Salah satu wujud nyata penyediaan layanan publik di
bidang kesehatan adalah adanya Puskesmas. Tujuan utama dari adanya Puskesmas
adalah menyediakan layanan kesehatan yang bermutu namun dengan biaya yanng
relatif terjangkau untuk masyarakat, terutama masyarakat dengan kelas ekonomi
menengah ke bawah.
Dalam
makalah ini, kami akan membahas mengenai “Pelayanan Puskesmas” karena Puskesmas
sebagai bentuk nyata peran birokrasi dalam memberikan pelayanan publik kepada
masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan sdan karena Puskesmas merupakan
ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.
1.2
Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan Puskesmas dan apa fungsi Puskesmas itu?
2. Bagaimana
penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas?
3. Apa
saja masalah-masalah yang terjadi dalam pelayanan kesehatan di lingkup
Puskesmas?
4. Apa
faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup Puskesmas?
5. Bagaimana
solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di lingkup Puskesmas?
1.3
Tujuan
1. Mengetahui
definisi dan fungsi Puskesmas
2. Mengetahui
penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas
3. Mengidentifikasi
masalah-masalah yang terjadi dalam pelayanan kesehatan di lingkup Puskesmas.
4. Mencari
dan menemukan faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup
Puskesmas.
5. Mengetahui
solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di lingkup Puskesmas.
1.4 Manfaat
Dari
pembahasan materi yang tersedia dalam makalah ini, diharapkan dapat memberikan
manfaat kepada pembaca untuk mengetahui tentang definisi dan fungsi Puskesmas,
serta mengetahui penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh
Puskesmas. Selain itu pembaca dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi
dalam pelayanan kesehatan di lingkup Puskesmas dan mencari serta menemukan
faktor-faktor penyebab terjadinya masalah-masalah di lingkup Puskesmas,
sekaligus dapat mengetahui solusi mengatasi masalah-masalah yang muncul di
lingkup Puskesmas.
1.5 Metode
1. Studi
Pustaka
2. Internet
1.6 Sistematika Penulisan
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
1.2 Rumusan
Masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat
1.5 Metode
1.6
Sistematika Penulisan
BAB
II LANDASAN TEORI
2.1
Pengertian Birokrasi
2.2
Pengertian Pelayanan Publik
2.3
Pengelompokkan Jenis Pelayanan Publik
2.4
Peran Birokrasi dalam Menyediakan Pelayanan Publik
BAB
III ISI
3.1
Definisi dan Fungsi Puskesmas
3.2
Penyelengaaraan Pelayanan Kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas
3.3
Masalah-Masalah yang Muncul di Lingkup Puskesmas
3.4
Faktor-Faktor Penghambat Pelayanan Puskesmas
3.5 Solusi
Mengatasi Masalah yang Muncul di Lingkup Puskesmas
3.6 Analisis Kasus Penyelenggaraan
Pelayanan Puskesmas di Kecamatan Tamako
BAB
IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan
4.2
Saran
DAFTAR
PUSTAKA
>>>>>>>>>selanjutnya klik di bawah<<<<<<<<<
0 komentar:
Posting Komentar