KABUPATEN DAIRI

A. PANDANGAN UMUM
Kabupaten Dairi secara geografis terletak diantara 98 0 00'-98 0 30'3T dan 2 0 -3 0 00' LU. Kabupaten Dairi secara administratif terdiri dari 13 kecamatandengan 124 desa dan 7 kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Dairi adalah 1.927,8 Km 2 , dengan jumlah penduduk 272.388 jiwa.

B. SARANA DAN PRASARANA
Kabupaten Dairi mempunyai sarana dan prasarana antara lain transportasi darat, tenaga listrik, telekomunikasi dan air bersih.

C. IDENTIFIKASI BIDANG USAHA POTENSIAL
POTENSI SUMBERDAYA KOMODITI
Dari berbagai pengkajian serta searah dengan kebijakan pembangunan daerah, sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan dikabupaten Dairi yaitu sektor industri, pertanian, dan pariwisata.
Kopi
Areal produksi kopi robusta dan arabica terbesar di 13 Kecamatan di Kabupaten Dairi. Luas pertanaman kopi robusta adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi arabica seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun.
Jagung
Potensi pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Dairi adalah pada lahan kering ( tegalan dan huma ) yang seciat ini luas 61.738 Ha. Namun luas pertamanan jagung pada tahun 2000 ini baru mencapai 38.883 Ha atau sekitar 63 % dari lahan kering yang ada.
Kentang
Kabupaten Dairi memiliki daratan tinggi yang potensial untuk pengusaha tanaman kentang. Luas pertanaman kentang dari tahun ketahun terus meningkat, demikian pula produksinya.
Produksi sayuran
Produksi sayuran di Kabupaten Dairi yang cukup menonjol adalah cabai dan kubis. Kedua komoditi tersebut diusahakan cukup luas dengan harga yang berfluktuasi.
Nilam
Nilam merupakan tanaman penghasil minyak atsiri (Pachouli oil) sebagai bahan pembawa parfum. Tanaman ini telah banyak diusahakan di daerah ini oleh rakyat.
D. KOMODITI UNGGULAN
Dari analisis potensi dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Dairi, maka komoditi unggulan yang akan dijadikan profil komoditi ialah
  • Perkebunan kopi Robusta
  • Pengolahan Kopi
  • Produksi Kentang
  • Produksi Jagung
  • Wisata alam Silalahi
Namun dari komoditi unggulan tersebut, masih terdapat komoditi yang memiliki potensi yang besar, seperti :
  • Produksi Sayuran daratan tinggi
  • Wisata Alam Pegunungan
  • Peternakan
E. BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAKL DIKEMBANGKAN

1. PERKEBUNAN DAN PENGOLAHAN KOPI
Kabupaten Dairi terkenal dengan pengolahan kopi rubosta dan arabica. Potensi produksi kopi dan pengolahan kopi cukup layak untuk dikembangkan mengingat luas tanaman dan produksi kopi cukup tersedia dan kopi merupakan komoditi spesifik lokal dan merupakan komoditi unggulan daerah Dairi. Penyebaran tanaman kopi di Kabupaten Dairi hampir di seluruh Kecamatan.

2. PRODUKSI JAGUNG
Pertanian tanaman jagung masih daapat dikembangkan dan menjadi usaha unggulan di kabupaten Dairi melihat dengan luas wilayah dan tanah yang tersedia serta didukung oleh iklim dan tanah yang subur serta masyarakat yang suka bertanam jagung. Gambaran sementara bahwa produksi jagung di daerah Kabupaten Dairi hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan.

3. PARIWISATA
Kabupaten Dairi memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Salah satu wisata tersebut adalah wisata alam Silalahi. Walaupun hingga saat ini masih kalah populer dengan beberapa objek wisata lain disumatera utara seperti danau tabo dan Wisata Bahari Pulau Nias. Dalam program pembangunan daerah, Perintah kabupaten Dairi memprogramkan peningkatan kunjungan wisata dengan pengembangan objek-objek wisata baru, seperti Taman Wisata Iman meningkatankan sarana prasaranapariwisata, menjadi serif dan budaya sebagai bagian dari kepariwisataan dan mearik investor wisata. Untuk itu pemerintah daerah akan terus melakukan promosi, penyuluhan sadar wisata, perbaikan saran-perasarana dan melaksanakan event wisata. Untuk itu diperlukan inventasi yang cukup besar dalam pengembangan wisata, membangun objek-objek wisata serta sarana prasarana pendukung seperti hotel, restoran dan sarana hiburan.


0 komentar:

Posting Komentar