BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Puskesmas
sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat ternyata masih menyimpan
berbagai permasalahan yang kini banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Tidak hanya
dilihat dari segi sarana dan prasarana yang kurang memadai, tetapi juga dari
segi tenaga medis yang demikian pula adanya. Oleh karena itu, diperlukan
perhatian khusus dari pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat serta komitmen untuk merubah sistem pelayanan Puskesmas yang dinilai
buruk oleh masyarakat. Selain itu, Puskesmas juga harus memiliki standar
pelayanan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat untuk mencapai
kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
4.2 Saran
1. Puskesmas
harus lebih memfokuskan pada peningkatan pelayanan kesehatan dan
pengelolaan sistem kesehatan yang menyeluruh
2. Melakukan
perbaikan terhadap sarana dan prasarana Puskesmas demi terpenuhinya kebutuhan
masyarakat akan pelayanan kesehatan
3. Merestrukturisasikan
peran Puskesmas
4. Pemerintah
harus memberikan otonomi kepada Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan
kepada masyarakat
5. Mensosialisasikan
program-program Puskesmas kepada masyarakat untuk mengubah citra Puskesmas yang
sudah dinilai buruk oleh masyarakat
DAFTAR PUSTAKA
Tjiptoherijanto, prijono, Said Z.
Abidin, Reformasi Administrasi dan
Pembangunan
Nasional.
1993. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia: Jakarta
www.dinkesjatim.go.id
www.litbang.depkes.go.id
www.litbang.depkes.go.id
definisi-puskesmas.html
model-puskesmas-era-desentralisasi.html
http://one.indoskripsi.com,
diunduh tanggal 24 November 2009
http://muharrikyanuar.wordpress.com,
diunduh tanggal 24 November 2009
http://groups.yahoo.com,
diunduh tanggal 24 November 2009
http://els.bappenas.go.id, diunduh
tanggal 24 November 2009
http://alfredsaleh.files.wordpress.com,
diunduh tanggal 24 November 2009
0 komentar:
Posting Komentar